Selasa, 04 April 2017

Etika Binsis Opini

Nama  : Bima Nugraha
NPM   : 12214174
Tugas Etika Bisnis OPINI
Kegiatan pemasaran merupakan kegiatan menciptakan, mempromosikan, dan menyampaikan barang atau jasa kepada para konsumen. Pemasaran berupaya dalam menciptakan nilai lebih dari pandangan konsumen atau pelanggan terhadap suatu produk perusahaan dibandingkan dengan harga barang atau jasa yang dimaksudkan untuk menampilkan nilai yang lebih tinggi daripada produk pesaingnya.
Dalam persaingan pemasaran yang sangat ketat, terkadang suatu perusahaan lupa dan seringkali melakukan pemasaran tanpa memerhatikan etika. Mungkin untuk jangka pendek menguntungkan bagi suatu perusahaan tetapi dikemudian hari pasti para konsumen akan menyadari perilaku perusaahan yang tidak etis dan kemudian akan meninggalkan perusahaan tersebut.
Menurut saya, Apabila kegiatan pemasaran dilakukan secara tidak etis tanpa memandang etika dari bisnis itu sendiri maka hal yang akan terjadi adalah mungkin pada saat awal-awal perusahaan tersebut akan memperoleh laba dikarenakan bisa saja perusahaan tersebut melakukan kegiatan pemasaran dengan cara yang tidak etis seperti menjelek-jelekan produk dari perusahaan lain sehingga produk dari perusahaan itu sendiri akan terlihat lebih baik dibandingkan dengan produk lainya namun seiring dengan berjalanya kegiatan pemasaran konsumen juga pada akhirnya akan menyadari bahwa produk perusahaan tersebut ternyata tidak lebih baik dibandingkan dengan produk lainya. Sehingga konsumen juga pada akhirnya pasti akan berpaling atau meninggalkan produk tersebut dan beralih ke produk lainya.

Oleh karena itu, kegiatan pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan etika bisnis yang ada, karena apabila suatu kegiatan pemasaran dilakukan sesuai dengan etika bisnis yang ada maka perusahaan tersebut juga akan memperoleh laba yang maksimal tanpa harus melakukan kegiatan pemasaran dengan tidak memperhatikan etika dari bisnis, sehingga nantinya perusahaan tersebut juga akan mendapatkan konsumen yang loyal dan pada akhirnya juga dapat terjadi persaingan yang sehat dalam memasarkan produk – produk dari tiap perusahaan itu sendiri. Tentu saja hal itu akan berdampak positif bagi persaingan pasar yang semakin ketat karena otomatis perusahaan-perusahaan juga akan berusaha memperbaiki kualitas dan akan terus melakukan inovasi dari tiap-tiap produknya sehingga produknya akan terus dapat bersaing di pasaran nantinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar