Nama : Bima Nugraha
NPM : 12214174
Tugas Etika Bisnis OPINI
Kegiatan
pemasaran merupakan kegiatan menciptakan, mempromosikan, dan menyampaikan
barang atau jasa kepada para konsumen. Pemasaran berupaya dalam menciptakan
nilai lebih dari pandangan konsumen atau pelanggan terhadap suatu produk
perusahaan dibandingkan dengan harga barang atau jasa yang dimaksudkan untuk
menampilkan nilai yang lebih tinggi daripada produk pesaingnya.
Dalam
persaingan pemasaran yang sangat ketat, terkadang suatu perusahaan lupa dan seringkali
melakukan pemasaran tanpa memerhatikan etika. Mungkin untuk jangka pendek
menguntungkan bagi suatu perusahaan tetapi dikemudian hari pasti para konsumen
akan menyadari perilaku perusaahan yang tidak etis dan kemudian akan
meninggalkan perusahaan tersebut.
Menurut saya, Apabila
kegiatan pemasaran dilakukan secara tidak etis tanpa memandang etika dari
bisnis itu sendiri maka hal yang akan terjadi adalah mungkin pada saat
awal-awal perusahaan tersebut akan memperoleh laba dikarenakan bisa saja
perusahaan tersebut melakukan kegiatan pemasaran dengan cara yang tidak etis
seperti menjelek-jelekan produk dari perusahaan lain sehingga produk dari
perusahaan itu sendiri akan terlihat lebih baik dibandingkan dengan produk
lainya namun seiring dengan berjalanya kegiatan pemasaran konsumen juga pada
akhirnya akan menyadari bahwa produk perusahaan tersebut ternyata tidak lebih
baik dibandingkan dengan produk lainya. Sehingga konsumen juga pada akhirnya
pasti akan berpaling atau meninggalkan produk tersebut dan beralih ke produk
lainya.
Oleh
karena itu, kegiatan pemasaran yang dilakukan harus sesuai dengan
etika bisnis yang ada, karena apabila suatu kegiatan pemasaran dilakukan sesuai
dengan etika bisnis yang ada maka perusahaan tersebut juga akan memperoleh laba
yang maksimal tanpa harus melakukan kegiatan pemasaran dengan tidak
memperhatikan etika dari bisnis, sehingga nantinya perusahaan tersebut juga
akan mendapatkan konsumen yang loyal dan pada akhirnya juga dapat terjadi
persaingan yang sehat dalam memasarkan produk – produk dari tiap perusahaan itu
sendiri. Tentu saja hal itu akan berdampak positif bagi persaingan pasar yang
semakin ketat karena otomatis perusahaan-perusahaan juga akan berusaha
memperbaiki kualitas dan akan terus melakukan inovasi dari tiap-tiap produknya
sehingga produknya akan terus dapat bersaing di pasaran nantinya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar