PROPOSAL BISNIS
MINUMAN
DINGIN “ES SUMPIT”
Disusun
Oleh Kelompok :
Bima Nugraha – 12214174
Muhamad Iqbal Fadilah -
16214957
Mutiara Hartasya –
17214683
Kelas 4 EA 04
FAKULTAS EKONOMI
PROGRAM STUDI MANAJEMEN
UNIVERSITAS GUNADARMA
JAKARTA
2017
KATA PENGANTAR
Puji dan syukur kehadirat Allah SWT atas
segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga tim penulis dapat menyelesaikan
penulisan tugas dengan judul “PROPOSAL
BISNIS MINUMAN “Es Sumpit” pada akhirnya dapat terselesaikan dengan baik.
Tujuan dari penulisan tugas ini adalah untuk melengkapi tugas mata kuliah Komunikasi
Bisnis.
Proposal ini
dibuat dalam rangka memperdalam pemahaman mengenai Bisnis melalui gambaran
bisnis yang akan dibuat yaitu bisnis minuman Es Sumpit. Dalam rangka penulisan tugas ini, tim penulis banyak
mengalami kesulitan dan kendala. Namun berkat adanya arahan, dorongan moril dan
material serta bimbingan dari berbagai pihak sehingga tim penulis dapat
menyelesaikan penulisan tugas ini.
Tidak lupa pula pada bagian ini, dengan
segala kerendahan hati dan rasa hormat yang setinggi-tingginya tim penulis
mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah
membantu tim penulis dalam menyelesaikan tugas ini.
Tim penulis menyadari bahwa dalam
penulisan tugas ini tidak terlepas dari segala kesalahan dan kekurangan. Oleh
karena itu, dengan segala kerendahan hati timpenulis mengharapkan saran kritik
dari pembaca sebagai bahan masukan sehingga dapat berguna baik bagi penulis
dikemudian hari.
Akhir kata, tim penulis mengucapkan terima
kasih, semoga mendapatkan balasan pahala dari Allah SWT, dan semoga penulisan
tugas ini dapat bermanfaat bagi tim penulis khususnya dan pembaca pada umumnya.
Jakarta, Oktober 2017
Tim Penulis
DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR ........................................................................................ 2
DAFTAR ISI ...................................................................................................... 3
BAB
I Deskripsi Umum Bisnis
1.1.... Deskripsi Umum Bisnis ................................................................ 4
1.2.... Latar Belakang Usaha ................................................................... 5
1.3.... Tujuan dan Potensi Usaha ............................................................. 6
1.4.... Keunikan Pelayanan ..................................................................... 6
BAB
II RENCANA PEMASARAN
2.1.... Analisis Pasar .............................................................................. 7
...... a. Segementasi, Targeting, dan Positioning
................................ 7
...... b. Permintaan ........................................................................... 7
...... c. Pesaing ................................................................................. 8
...... d. Harga ................................................................................... 8
2.2.... Strategi Pemasaran ....................................................................... 9
2.3.... Analisis SWOT ............................................................................ 9
BAB
III RENCANA PRODUKSI
3.1.... Lokasi Usaha ............................................................................... 11
3.2.... Kebutuhan Bahan Baku dan Peralatan ........................................... 12
...... a. Bahan Baku .......................................................................... 12
...... b. Peralatan .............................................................................. 12
3.1.... Proses Produksi ............................................................................ 12
BAB
IV RENCANA KEUANGAN
4.1.... Sumber Dana ............................................................................... 14
4.2.... Perkiraan Dana Yang Dibutuhkan ................................................. 14
...... a. Biaya Tetap .......................................................................... 14
...... b. Biaya Variabel ...................................................................... 14
4.3.... Perkiraan Keuntungan .................................................................. 15
BAB
V RENCANA KEUANGAN
5.1.... Antisipasi Masa Depan ................................................................. 16
5.2.... Kesimpulan ................................................................................. 16
DAFTAR
PUSTAKA ......................................................................................... 17
BAB I
DESKRIPSI UMUM BISNIS
1.1
Deskripsi Umum Bisnis
Bisnis minuman yang kami tawarkan
adalah Es Sumpit yaitu usaha yang bergerak di bidang penjualan minuman
dingin yang bentuknya seperti mie dan disajikan dalam mangkuk/cup. Keunikan Es
Sumpit ini adalah karena cara memakan/meminumnya dengan menggunakan sumpit
seperti layaknya kalau makan mie. Minuman segar terbuat dari jelly dan leci yang
bentuknya di buat seperti hidangan mie. Hidangan telur mata sapi pada minuman
ini terbuat dari jelly susu untuk bagian putih telurnya, sedangkan bagian
tengahnya terbuat dari jelly rasa jeruk sunkist. Meskipun rasa telur sapi pada
mie cool ini rasanya segar dan manis, bentuknya justru lebih sempurna daripada
telor mata sapi asli.
Rencana tempat usaha ini adalah di sebuah
kios sederhana, meskipun penjualan es ini di sebuah kios sederhana, kami akan
merancang tempat ini sehingga menjadi kios yang menarik, nyaman sehingga para
pengunjung yang datang untuk melepas rasa dahaga akan merasa senang
dan betah ketika menikmati minuman Es Sumpit ini.
Gambar 1
Gambaran Produk Es
Sumpit
Gambar 2
Gambaran Penyajian
Produk Es Sumpit
1.2
Latar Belakang Usaha
Indonesia adalah negara kepulauan dengan
iklim tropisnya sangat cocok untuk pemasaran minuman dingin segar. Namun, ketersediaan
minuman yang dijual di pasaran sangat memprihatinkan karena minuman yang dijual
di pasaran rentan terhadap bahan pengawet, padahal masyarakat yang meminati
minuman seperti es misalnya sangat banyak. Melihat hal ini menjadikan kami
terdorong untuk membuat minuman yang sehat dan berkualitas tanpa bahan pengawet
bagi masyarakat
Biasanya masyarakat lebih suka membeli
minuman seperti es dari pada membuatnya sendiri, oleh karena itu
dimanfaatkanlah usaha minuman untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, dari
pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis minuman.
Kami mencoba menciptakan sebuah produk
yang menarik, menyegarkan sekaligus menyehatkan baik itu itu untuk pangsa pasar
anak-anak pada khususnya maupun dewasa pada umumnya sehingga terciptalah Es
Sumpit dimana bahan yang dipergunakan sebagian besar merupakan bahan makanan
yang sehat.
1.3
Tujuan dan Potensi Usaha
Pada dasarnya, tujuan
didirikannya usaha ini adalah untuk memenuhi kebutuhan serat para
pelanggan yang tidak sempat untuk membuat minuman jeli sendiri, tentu saja minuman
jeli yang berbeda dari yang lain. Karena itu, inovasi minuman jeli yang kami coba
hadirkan juga bertujuan untuk mehilangkan rasa bosan pada minuman jeli biasa,
sehingga minuman jeli dapat tetap dinikmati demi terpenuhinya kebutuhan serat
bagi kesehatan tubuh. Sedangkan konsep booth sebagai tempat penjualan Es Sumpit
ini bertujuan untuk memudahkan proses pemasaran dan pelayanan pelanggan.
Potensi usaha ini ke depan adalah dengan
semakin meningkatnya jumlah konsumen atau pelanggan Es Sumpit ini, maka
diharapkan akan terbuka kesempatan untuk melakukan ekspansi atau
perluasan usaha dengan membuka cabang-cabang di daerah
yang cukup strategis dan mudah dijangkau oleh konsumen.
1.4
Keunikan Pelayanan
Keunikan pelayanan yang ditawarkan oleh Es
Sumpit ini adalah sensasi miuman dingin yang berbeda dari yang
dijual pada umumnya. Campuran jelly dan leci yang bentuknya di buat
seperti mie pangsit akan membuat pelanggan merasakan sensasi meminum es
menggunakan sumpit. Keunikan lain adalah harganya yang terjangkau. Sehingga
mereka yang memiliki uang terbatas tetap dapat
meminum Es Sumpit yang baik bagi kesehatan.
BAB II
RENCANA PEMASARAN
2.1 Analisis Pasar
Aspek pasar merupakan salah satu aspek yang berkenaan mengenai
kondisi pasar dari bidang usaha yang di jalankan, dan merupakan urutan pertama
bila akan menyusun suatu proposal usaha.
a.
Segmentasi, Targeting dan Positioning
·
Segmentasi Pasar
Sasaran pasar konsumen produk Es Sumpit adalah konsumen segmen
menengah kebawah.
·
Target Pasar
Target pasar yang dituju adalah Pegawai Kantor, Mahasiswa,
Komunitas, Wisatawan.
·
Positioning
Kami ingin menciptakan image atau citra produk Es Sumpit di benak konsumen sebagai
penyedia minuman jeli sehat berkualitas tinggi dengan harga yang kompetitif.
b.
Permintaan
1.
Omset Penjualan
Jika harga 1 cup Es Sumpit seharga Rp.6000,-
dan terjual sebanyak 50 cup. Maka, perkiraan penjualan perhari :
= Rp 6000,- x 50 cup =
Rp 300.000,-/hari
Maka, perkiraan omset penjualan perbulan:
= Rp 300.000,- x 30 hari = Rp 9.000.000,-/bulan
2.
Volume Penjualan
Tabel
1
Perkiraan Volume Penjualan
Periode
|
Penjualan
(unit)
|
Harga/unit
(Rp/unit)
|
Volume Penjualan
|
Bulan ke-1
|
1500
|
Rp 6.000,-
|
Rp 9.000.000,-
|
Bulan ke-2
|
1650
|
Rp 6.000,-
|
Rp 9.900.000,-
|
Bulan ke-3
|
1815
|
Rp 6.000,-
|
Rp 10.890.000,-
|
Bulan ke-4
|
1996
|
Rp 6.000,-
|
Rp 11.976.000,-
|
Bulan ke-5
|
2196
|
Rp 6.000,-
|
Rp 13.176.000,-
|
Bulan ke-6
|
2416
|
Rp 6.000,-
|
Rp 14.496.000,-
|
*Estimasi
kenaikan permintaan 10% per bulan
3.
Penjualan Hasil Produksi
Penjualan hasil produksi Es Sumpit ditujukan kepada :
·
Masyarakat kalangan menengah kebawah
·
Warga yang melakukan pola hidup sehat
·
Mahasiswa sekitar tempat penjualan
c.
Pesaing
Pesaing usaha kami tentunya usaha dibidang
yang sama yaitu penyedia minuman jeli seperti Es Mie Cool Jelly “DELI COOL” dan
Es Mie Biyung. Namun, belum adanya pesaing di sekitar lokasi penjualan menjadi
peluang tersendiri bagi Es Sumpit.
d.
Harga
Dengan harga Rp 6.000,- per cup sehingga menjangkau komsumen
kalangan manapun terutama target pasar yang dituju, yaitu mahasiswa disekitar
lokasi penjualan Es Sumpit.
2.2 Strategi Pemasaran
Produk yang kami tawarkan lebih ditujukan
kepada kalangan masyarakat menengah kebawah, terutama masyarakat yang sangat
menyukai es dan berbagai macam dan rasa dari minuman dingin. Karena
diperuntukan untuk masyarakat kalangan menengah kebawah maka kami lebih
mengedepankan harga yang relatif terjangkau.
Adapun strategi pemasaran yang akan
dilakukan adalah dengan :
a.
Pemasangan papan
reklame dan banner, di depan tempat usaha.
b.
Pada awal tahap
pengenalan produk, melakukan promosi penjualan seperti paket pembelian 4 cup
gratis 1 Cup.
c.
Produk yang kami
tawarkan memiliki harga yang relatif terjangkau dan bersaing dengan kios-kios minuman
dingin dan jauh lebih murah jika dibandingan dengan minuman jeli
yang dijual di cafe mall.
2.3 Analisis SWOT
Analisis SWOT adalah sebuah bentuk analisa
situasi dan juga kondisi yang bersifat deskriptif (memberi suatu gambaran).
Analisa ini menempatkan situasi dan juga kondisi sebagai sebagai faktor
masukan, lalu kemudian dikelompokkan menurut kontribusinya masing-masing. Satu
hal yang perlu diingat baik-baik oleh para pengguna analisa ini, bahwa analisa
SWOT ini semata-mata sebagai suatu sebuah analisa yang ditujukan untuk
menggambarkan situasi yang sedang dihadapi, dan bukan sebuah alat analisa ajaib
yang mampu memberikan jalan keluar yang bagi permasalahan yang sedang dihadapi.
1.
Strength
(Kekuatan)
·
Kualitas produk
yang terjamin
·
Proses pembuatan
yang mudah
·
Harganya
terjangkau
·
Terbuat dari bahan
baku yang sehat
·
Praktis untuk
dimakan
2.
Weakness
(Kelemahan)
·
Harga bahan baku
yang tidak stabil
·
Masih sangat
pemula bagi penjual untuk menjalankan usaha
·
Pemasaran masih
belum luas, masih dalam lingkup kecil
3.
Opportunity (Peluang)
·
Budaya masyarakat
yang konsumtif
·
Cocok untuk semua
kalangan mulai dari anak-anak sampai orang tua
·
Masyarakat yang
senang dengan makanan ringan, praktis dan tidak ribet
4.
Threat
(Ancaman)
·
Banyaknya pesaing
yang sudah berjualan minuman dingin
·
Perubahan selera
masyarakat atau sifat manusia yang cepat bosan
·
Munculnya
pesaing-pesaing baru
BAB III
RENCANA PRODUKSI
3.1 Lokasi Usaha
Lokasi yang kami pilih untuk menjalankan
usaha Es Sumpit ini berada di di jalan Akses UI, Depok, Jawa Barat. Lokasi ini
sangat potensial bagi usaha kuliner sebab terletak di kawasan perumahan
penduduk yang padat serta banyaknya kampus yang tersebar di kawasan ini. Selain
itu menjelang sore dan malam kawasan ini banyak dilewati orang pulang bekerja.
Kelebihan dari lokasi
usaha kami diantaranya adalah :
·
Berada dekat
dengan pasar konsumen, dimana di wilayah Kelapa Dua banyak sasaran konsumen
potensial seperti masyarakat dan mahasiswa.
·
Berada dekat
dengan bahan baku, dimana lokasi usaha kami dekat dengan Pasar Pal yang
berjarak 1 km.
·
Dekat dengan
tenaga kerja, dimana tempat usaha kami berada di kawasan pemukiman penduduk dan
akses ke lokasi usaha kami sangat mudah.
·
Tersedia sarana
dan prasarana yang memadai, Karena lokasi kami berada di kota Depok.
Gambar 3
Gambaran Booth
Penjualan Es Sumpit
3.2 Kebutuhan Bahan Baku dan Peralatan
a. Bahan
Baku
Tabel
2
Tabel
Kebutuhan Bahan Baku Produksi Per Bulan
Nama
Bahan Makanan
|
Jumlah
|
Susu
Kental Manis
|
4 kaleng @560 gr
|
Mie
Jelly
|
5 kg
|
Jelly
Bentuk Telur
|
2 kg
|
Jelly
Bentuk Bola
|
2 kg
|
Leci
|
3 kaleng
|
Biji
selasih
|
250 gram
|
Es
batu
|
10 bungkus
|
Air
Mineral
|
5 Liter
|
b. Peralatan
Tabel
3
Tabel
Kebutuhan Peralatan
Nama
Peralatan
|
Jumlah
|
4
buah
|
|
Cooler Box
|
1
buah
|
Sendok Sirup
|
1
buah
|
Sendok Jelly
|
3
buah
|
Kotak Jelly
|
3
buah
|
Booth
|
1
buah
|
Cup+Sumpit+Sedotan
|
100
buah
|
3.3 Proses Produksi
1. Bahan Yang Dibutuhkan
·
Susu Kental Manis
·
Mie Jelly
·
Jelly Bentuk Telur
·
Jelly Bentuk Bola
·
Leci
·
Biji selasih
·
Es batu
·
Air Mineral
2. Alat Yang Dibutuhkan
·
Sendok Sirup
·
Sendok Jelly
·
Cup+Sumpit+Sedotan
3. Cara Pembuatan
·
Siapkan cup,
kemudian masukan semua bahan, seperti es batu jelly motif berbeda, mie jelly,
leci, serta biji selasih
·
Kemudian tambahkan
es batu serta jelly telur di atasnya
·
Lalu lumuri dengan
susu kental manis di atasnya
·
Sekarang Es Sumpit
siap untuk disajikan..
Gambar 4
Gambaran Penyajian
Produk Es Sumpit
BAB IV
RENCANA KEUANGAN
4.1 Sumber Dana
Untuk memenuhi kebutuhan akan modal usaha
ini maka kami menggunakan modal sendiri. Dan dana tersebut dialokasikan
untuk memenuhi seluruh kebutuhan dana untuk kegiatan operasional Es Sumpit.
4.2 Perkiraan Dana Yang Dibutuhkan
a. Biaya
Tetap
Tabel
4
Tabel
Biaya Tetap
Nama
Peralatan
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
|
Toples
Kaca
|
4 buah
|
Rp 25.000,-
|
Rp 100.000,-
|
Cooler
Box
|
1 buah
|
Rp 1.500.000,-
|
Rp 1.500.000,-
|
Sendok
Sirup
|
1 buah
|
Rp 10.000,-
|
Rp 10.000,-
|
Sendok
Jelly
|
3 buah
|
Rp 5.000,-
|
Rp 15.000,-
|
Kotak
Jelly
|
3 buah
|
Rp 15.000,-
|
Rp 45.000,-
|
Booth
|
1 buah
|
Rp 750.000,-
|
Rp 750.000,-
|
Total
|
Rp 2.420.000,-
|
b. Biaya
Variabel
Tabel
5
Tabel
Biaya Variabel
Nama
Bahan Makanan
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
|
||
Susu
Kental Manis
|
3 buah @560 gr
|
Rp 13.500,-
|
Rp 40.500,-
|
||
Mie
Jelly
|
4 kg
|
Rp 12.500,-
|
Rp 50.000,-
|
||
Jelly
Bentuk Telur
|
2 kg
|
Rp 12.500,-
|
Rp 25.000,-
|
||
Jelly
Bentuk Bola
|
2 kg
|
Rp 12.500,-
|
Rp 25.000,-
|
||
Nama
Bahan Makanan
|
Jumlah
|
Harga
Satuan
|
Jumlah
|
||
Leci
|
1 kaleng
|
Rp 25.000,-
|
Rp 25.000,-
|
||
Biji
selasih
|
200 gram
|
Rp 10.000,-
|
Rp 10.000,-
|
||
Es
batu
|
10 bungkus
|
Rp 1.000,-
|
Rp 10.000,-
|
||
Air
Mineral
|
5 Liter
|
Rp 5.000,-
|
Rp 5.000,-
|
||
Cup+Sumpit+Sedotan
|
50 buah
|
Rp 500,-
|
Rp 25.000,-
|
||
Total
|
Rp 215.500,-
|
||||
4.3 Perkiraan Keuntungan
Usaha Es Sumpit ini diperkirakan akan
memperoleh keuntungan sebesar :
Jika harga 1 cup Es Sumpit seharga Rp.6000,-
dan terjual sebanyak 50 cup. Maka, perkiraan penjualan perhari :
= Rp 6000,- x 50 cup =
Rp 300.000,-/hari
Keuntungan
= Pendapatan - Biaya produksi
= Rp 300.000,- - Rp
215.500,- = Rp 84.500,-
Pengembalian
modal = Total biaya produksi : Laba usaha
= Rp. 2.420.000,- : Rp. 84.500,- = 28,6
Jadi usaha ini akan mengalami pengembalian
modal pada produksi ke 28.
BAB V
PENUTUP
5.1 Antisipasi
Masa Depan
Sebagai
pebisnis pemula, kami harus selalu mengantisipasi hal-hal yang tudak diinginkan
terjadi nantinya seperti penjual-penjual minuman dingin musiman. Saya
harus memiliki strategi yang inovatif dan berbeda dari yang lainnya. Kami akan
selalu mengembangkan keahlian kami dan memperbaiki cita rasa Es Sumpit agar
para konsumen selalu puas dengan Es Sumpit kami. Kami juga akan selalu
memperhatikan saran dan kritik yang konsumen berikan.
5.2 Kesimpulan
Bisnis kuliner yang semakin menjamur di
kota Depok membuat konsumen memiliki beragam pilihan makanan dan minuman untuk
dijadikan santapan, namun hal ini tidak dibarengi dengan kesadaran konsumen
akan kandungan gizi pada makanan dan minuman tersebut. Disamping itu,
meningkatnya produktivitas menuntut masyarakat untuk selalu dalam kondisi prima
namun tidak mempunyai waktu yang cukup untuk menyiapkan makanan dan minuman
dengan kebutuhan gizinya masing-masing.
Selain mengandung banyak manfaat, Es
Sumpit juga memiliki bentuk dan cita rasa yang tidak kalah unik. Bentuknya
dicetak panjang-panjang berdiameter kecil, sama persis dengan bentuk mie dan
berwarna kuning (dengan menggunakan pewarna makanan). Setiap mie yang disajikan
ditambahkan pula dengan siraman susu kental manis serta leci, dan beragam
bentuk jeli lainnya.
Demikian proposal usaha Es Sumpit yang
kami buat. Harapan kami untuk produk Es Sumpit ini semoga dikenal baik oleh
masyarakat luas agar bisa lebih berkembang dengan pesat dan maju. Seorang
pengusaha harus dapat mengetahui manfaat apa usaha yang mereka akan jual untuk
kepentingan orang banyak dan pribadi tanpa merugikan orang lain juga.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.kompasiana.com/waroengsemawis/mie-cool-konsep-kuliner-kreatif-dari-semarang_54f67f39a333116c058b4e98
http://info-usaha.wirausahanews.com/20120815/482-bisnis-es-mie-sensasi-minuman-mie.html
Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM , Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, maka saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya curang dan saya kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan pemberi pinjaman yang berbeda karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi Salam kepada semua warga negara Indonesia, nama saya INDALH HARUM, TOLONG, saya ingin memberikan kesaksian hidup saya di sini di platform ini sehingga semua warga negara Indonesia berhati-hati dengan pemberi pinjaman di internet, Tuhan mendukung saya melalui ibu yang baik, LASSA JIM, Setelah beberapa waktu mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan menolak, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya menipu dan kehilangan lebih dari 50 juta rupiah dengan Pemberi pinjaman karena saya mencari pinjaman (Rp800) setelah membayar biaya dan tidak mendapat pinjaman. Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan seorang teman saya, Harum kemudian memperkenalkan saya kepada Ny. LASSA JIM, seorang pemberi pinjaman di sebuah perusahaan bernama ACCESS LOAN FIRM sehingga teman saya meminta saya untuk melamar ibu LASSA, jadi saya mengumpulkan keberanian dan menghubungi Ms. LASSA.
BalasHapusSaya mengajukan pinjaman 2 miliar rupiah dengan tingkat bunga 2%, sehingga pinjaman disetujui tanpa tekanan dan semua pengaturan dilakukan dengan transfer kredit, karena tidak memerlukan jaminan dan keamanan untuk transfer pinjaman yang baru saja saya katakan kepada dapatkan perjanjian lisensi, aplikasi mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari 48 jam pinjaman itu disetorkan ke rekening bank saya.
Saya pikir itu hanya lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah 2 miliar. Saya sangat senang bahwa Tuhan akhirnya menjawab doa saya dengan memesan pinjaman saya dengan pinjaman asli saya, yang memberi saya keinginan hati saya. mereka juga memiliki tim ahli yang akan memberi tahu Anda tentang jenis bisnis yang ingin Anda investasikan dan cara menginvestasikan uang Anda, sehingga Anda tidak akan pernah bangkrut lagi dalam hidup Anda. Semoga Tuhan memberkati Mrs. LASSA JIM untuk membuat hidup saya lebih mudah, jadi saya sarankan siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Mrs. LASSA melalui email: lassajimloancompany@gmail.com
Anda juga dapat menghubungi nomor JIM ibu LASSA whatsApp +1(301)969-1955.
Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian sejati hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar Tuhan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda. Sekali lagi nama saya adalah INDALH HARUM, Anda dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui email saya: Indalhharum@gmail.com
Terima kasih atas informasi yang diberikan.
BalasHapusIzin kami beri informasi seputar mesin usaha untuk jualan bensin eceran.
Mesin pom mini digital.
Pengiriman ke seluruh Indonesia.
Info : 082311159791
Harga Pom Mini
Apakah Anda mengalami kesulitan keuangan atau Anda ingin memenuhi impian Anda dengan dana?
BalasHapusApakah Anda memerlukan pinjaman untuk melunasi tagihan Anda, Memulai atau mengembangkan bisnis Anda?
Apakah Anda mengalami kesulitan mendapatkan pinjaman dari Pemberi Pinjaman atau Bank karena tingginya biaya / persyaratan pinjaman?
Apakah Anda memerlukan pinjaman untuk alasan yang sah?
Kemudian khawatir kami datang untuk menawarkan pinjaman kepada pelamar yang tertarik baik lokal maupun luar negeri tidak peduli jenis kelamin atau lokasi tetapi usia harus 18 tahun ke atas.
Kembali kepada kami untuk negosiasi tentang jumlah yang Anda butuhkan akan menjadi keputusan yang bijaksana.
JENIS PINJAMAN KAMI
Pinjaman ini dibuat untuk membantu klien kami secara finansial, dengan tujuan mengurangi beban finansial. Untuk alasan apa pun, pelanggan dapat menemukan rencana pinjaman yang sesuai dari perusahaan kami yang memenuhi persyaratan keuangan.
Data pelamar:
1) Nama Lengkap:
2) Negara
3) Alamat:
4) Jenis Kelamin:
5) Pekerjaan:
6) Nomor telepon:
7) Posisi saat ini di tempat kerja:
8 Pendapatan bulanan:
9) Jumlah pinjaman yang dibutuhkan:
10) Jangka waktu pinjaman:
11) Apakah Anda pernah melamar sebelumnya:
12) Tanggal Lahir:
Hubungi perusahaan pinjaman Gloria S melalui email:
{gloriasloancompany@gmail.com} atau
Nomor WhatsApp: +1 (815) 427-9002
Nomor Perwakilan Indonesia: +6288286919466
Salam Hormat
Terima kasih atas informasinya, artikel serupa bisa diliat di Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
BalasHapusTerima kasih atas informasinya, artikel serupa bisa diliat di
BalasHapusAgen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Terima kasih atas informasinya, artikel serupa bisa diliat di
BalasHapusAgen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya
Agen SBOBET Indonesia Terpercaya